Sabtu, 02 Juni 2012

Mengetik Hangul Di Komputer

Setelah kita mengetahui sejarah Huruf Hangul, maka sekarang kita akan belajar mengetik huruf Hangul di komputer. Untuk menulis susunan huruf Hangul dengan tulisan tangan memang lebih sulit karena banyak yang harus diperhatikan seperti huruf vokal horozontal dan vertikal, kemudian perubahan bentuk huruf saat huruf digandengkan. Namun jika dengan komputer lebih mudah karena komputer akan menyusun huruf2 yang kita ketik sesuai dengan aturan, jadi kita tinggal ngetik hurufnya dan perhatikan huruf2 yang kita ketik dan meniru bentuknya saat kita mau menulis tangan.Huruf Hangul memiliki susunan huruf di keyboard komputer, lalu bagaimanakah susunannya???

Sebelum kesana kita harus menseting dahulu komputer/ laptop kita agar bisa menampilkan huruf Hangul. Caranya adalah :

Pertama klik kanan pada Language Bar yang ada di kanan bawah taksbar. Kemudian pilih settings.

 


Kemudian akan muncul window seperti dibawah ini, kemudian klik Add.

 

Cari  language Korea, pilih keyboard yang Microsoft IME, klik OK.

 

Maka komputer atau laptop kamu  sudah bisa untuk mengetik huruf Hangul. Kita bisa belajar mengetik Hangul dengan word editor seperti notepad, wordpad atau Ms Word. Sebelum itu tentunya harus merubah mode Language yang kita gunakan dengan mengklik pada Language Bar dan pilih Korean.

 

Dalam mode Keyboard Korean ini ada dua kondisi, yaitu huruf latin dan Hangul. Jika dalam mode latin maka ada tanda huruf "A" dada Language Bar, untuk merubahnya klik huruf "A"nya pada language bar tersebut.

 
Mode Keybord Latin.

 Mode Keyboard Hangul.

Setelah langkah2 diatas dilakukan, maka kita bisa mengetik Hangul di komputer. Eh tapi bagaimana susunan keyboardnya di keyboard kita yah??? Untuk keyboard yang dirakit di Indonesia maka huruf yang tercetak hanya huruf latin, sedangkan yang dibuat di Korea biasanya dicetak pula susunan Keyboard Hangul. Tapi jangan khawatir, disini saya tampilkan susunan keyboardnya.


Untuk mengetik huruf konsonan dobel maka dilakukan dengan Sihift+key yang mengandung konsonan dobel. Seperti huruf Q untuk ""(ssang bieup), W untuk "" ssang jieut, E untuk "" (ssang dieut), R untuk ""( ssang giyeuk), dan T untuk "" (ssang shiot). Untuk Shift+ huruf O dan P masing2 untuk  "" (yae) dan "" (ye).

Lalu bagaimana dengan huruf seperti "ㅟ"(wi) "ㅢ"(ui),  "ㅘ"(wa),  "ㅝ"(wo),  "ㅙ(wae)" , dan "ㅞ"(we)??? Jangan cemas, di keyboard tidak ada. Kita perhatikan kalau huruf2 tersebut adalah huruf yang terdiri dari gabungan 2 huruf2 vokal. Jadi kalau kita mau mengetik huruf semisal "ㅘ"(wa), maka kita tinggal ngetik huruf ㅗ(H) dengan ㅏ(K), maka komputer akan otomatis menyambung dua huruf tersebut menjadi "ㅘ"(wa), demikian juga dengan huruf yang lain. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya, perhatikan contoh2 huruv Vokal+w dan Vokal+i. Jangan lupa kalau kita mau menulis huruf hidup yang berdiri sendiri atau diawal suku kata atau kalimat harud ditambah karakter ieung(ㅇ) didepanya ya...jadi sebelum mengetik huruf ㅗ(H) dengan ㅏ(K) maka ketik ieung (ㅇ) dulu. Alhasil jadi "와". Karena komputer ga otomatis melakukanya.

Kalau diperhatikan susunan keyboard Hangul cukup unik, antara huruf konsonan dan vokal dikelompokkan sendiri, tidak seperti keyboard latin atau yang sering disebut qwerty, konsonan dan vokal letaknya menyebar. Dalam 3 baris huruf pada keyboard, huruf konsonan Hangul dibatasi dari kiri sampai huruf T(ㅆ) pada baris atas, G(ㅎ) pada baris tengah dan V(ㅍ) pada baris ke 3. Untuk vokal dimulai dari huruf Y(ㅛ) pada baris pertama, H(ㅗ) pada baris ke 2, dan B(ㅠ) pada baris ke 3.

Meskipun komputer akan otomatis menyusun huruf Hangul sesuai dengan aturanya, namun hanya aturan bagaimana menyusun huruf2 hangul, tidak otomatis per kata atau suku kata. Kita harus ingat Hangul adalah aksara alfabetis. Jadi selamat mencoba ya....Kalau masih ada yang bingun bisa dtanyakan di komentar atau kirim email ke noez_gatotkaca@yahoo.co.id. Dan bagi yang memiliki informasi yang lain saya mohon koreksinya dan ilmunya. Terimakasih.....곰압다....

Tidak ada komentar: